Seminar Nasional dan Reuni Akbar Fakultas Teknik UNY 2016 Sukses Digelar

Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Fakultas Teknik termasuk dalam salah satu dari 40 universitas yang mendapat mandat dari Kemenristek Dikti untuk menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PS-PPI) di Indonesia. Menristek Dikti, Prof. Mohammad Natsir, Ph.D. menargetkan, PS-PPI sudah mulai dilaksanakan pada tahun akademis 2016/2017. Dalam rangka mensosialisasikan dan memberikan wawasan tentang program inilah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (BEM FT UNY) bekerja sama dengan alumni FT UNY menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Profesi Insinyur FT UNY 2016. Seminar nasional ini mengangkat tema “Keprofesian Insinyur untuk Membangun Indonesia Emas” dan menghadirkan pembicara Prof. Slamet PH, Ph.D. yang merupakan Guru Besar FT UNY dan pengamat pendidikan, serta Ir. Suhada, MBA., IPM. yang merupakan Pengurus Harian Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah DIY. Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dan diselenggarakan serangkaian dengan Reuni Akbar FT UNY pada hari Senin tanggal 26 Desember 2016 bertempat di Gedung KPLT FT UNY Lantai 3.

Reuni Akbar FT UNY 2016 diadakan dengan mengangkat tema "Membangun Ikatan Alumni Dalam Silaturahmi Keakraban Mewujudkan Penerus Bangsa yang Cerdas". Pada agenda reuni ini, diselenggarakan musyawarah alumni yang diikuti oleh para alumni FT UNY dan dipimpin oleh Wakil Dekan III FT UNY, Dr. Giri Wiyono, M.T.. Musyawarah alumni ini menghasilkan suatu keputusan untuk membentuk kepengurusan baru Dewan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik (DPK IKA UNY Komisariat FT) yang merupakan suatu dewan di bawah naungan Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (DPP IKA UNY). DPK IKA UNY Komisariat FT ini akan bertugas mengelola Ikatan Keluarga Alumni Komisariat Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (IKA Komisariat FT UNY), yang merupakan sebuah wadah bagi alumni FKT/FPTK IKIP Yogyakarta atau FT UNY dari semua jurusan dan angkatan untuk dapat saling berkomunikasi, berjejaring, dan berinteraksi dengan alumni yang lain. Peserta musyawarah sepakat untuk menunjuk Bambang Sulistyo, M.Eng. dan Dwi Handono, S.Pd. sebagai Ketua DPK IKA UNY Komisariat FT yang baru, dan menyusun jajaran pengurus yang di antaranya terdiri atas koordinator alumni dari sejumlah daerah, antara lain Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Papua.

Seusai agenda seminar dan musyawarah alumni, acara langsung dilanjutkan dengan camping ceria yang digelar di Pantai Goa Cemara, Bantul. Pada kegiatan camping ceria ini, peserta disuguhi dengan hiburan musik dangdut, hidangan makanan rebus, sharing-sharing bersama alumni, dan dapat bermalam di tenda yang telah disediakan oleh panitia, serta menikmati keindahan pantai selatan hingga keesokan harinya.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Seminar Nasional dan Reuni Akbar Fakultas Teknik UNY 2016: