Diskusi Pembentukan Ikatan Alumni FT UNY

1 post / 0 new
admin
Diskusi Pembentukan Ikatan Alumni FT UNY

Assalamualaikum. wr. wb.

Salam Jawara!!!

Kami akan menyampaikan hasil dari diskusi yang dilakukan pada musyawarah alumni dalam Reuni Akbar Fakultas Teknik UNY, 26 Desember 2016 silam di Gedung KPLT FT UNY. Adapun musyawarah alumni ini pada intinya menghasilkan suatu keputusan untuk membentuk kepengurusan baru Dewan Pengurus Komisariat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik (DPK IKA UNY Komisariat FT) yang merupakan suatu dewan di bawah naungan Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (DPP IKA UNY). DPK IKA UNY Komisariat FT ini akan bertugas mengelola Ikatan Keluarga Alumni Komisariat Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (IKA Komisariat FT UNY), yang merupakan sebuah wadah bagi alumni FKT/FPTK IKIP Yogyakarta atau FT UNY dari semua jurusan dan angkatan untuk dapat saling berkomunikasi, berjejaring, dan berinteraksi dengan alumni yang lain. Peserta musyawarah sepakat untuk menunjuk Bambang Sulistyo, M.Eng. dan Dwi Handono, S.Pd. sebagai Ketua DPK IKA UNY Komisariat FT yang baru dan hal ini telah disepakati oleh pihak Dekanat FT UNY. Draft struktur lengkap pengurus dapat dilihat di sini. Pak Nasir, salah seorang peserta musyawarah, mengusulkan untuk yang menjadi pengurus inti IKA Komisariat FT UNY adalah alumni-alumni yang berdomisili di DIY agar lebih mudah dalam hal koordinasi.

Organisasi Ikatan Alumni ini perlu dibentuk karena ikatan alumni di tingkat fakultas dirasa belumlah cukup kuat. Dengan adanya ikatan alumni ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang positif, salah satunya adalah alumni FT akan memperoleh kemudahan dalam mencari informasi pekerjaan dari sesama alumni FT. Selain informasi lowongan pekerjaan, Ikatan Alumni ini diharapkan juga dapat memberikan kontribusi terhadap almamaternya. Bentuk kontribusi yang digagas adalah pembuatan Beasiswa untuk mahasiswa FT UNY yang mengalami kesulitan. Rencananya adalah dengan membuat semacam yayasan untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang masih studi. Sasaran beasiswa ini adalah untuk para mahasiswa yang kurang mampu dalam akademik dan kurang mampu dalam ekonomi, serta diutamakan adalah yang aktif dalam organisasi.

Saat ini arsip alumni belum ada di Jurusan, sehingga mahasiswa jurusan mengalami cukup kesulitan mencari data alumni. Dengan adanya IKA FT UNY ini, kami harap data alumni dapat kami sediakan untuk adik-adik serta rekan-rekan lain yang membutuhkan. Usulan lain yang muncul adalah tentang pembuatan semacam kartu IKA FT UNY yang dapat digunakan untuk donasi dan kegiatan-kegiatan, seperti personal branding dan lain sebagainya.

Demikian kami sampaikan hasil diskusi tentang pembentukan Ikatan Alumni FT UNY ini. Apabila ada usulan, kritik, dan saran dari rekan-rekan alumni, monggo disampaikan, kami sangat mengharapkannya untuk mewujudkan Ikatan Alumni yang lebih baik. Terima kasih.

Wassalamualaikum. wr. wb.